Selasa, 07 November 2023

Kesempatan Berkarir sebagai Manajer Keuangan & Akunting pada Filantropi Indonesia

 


Perhimpunan Filantropi Indonesia adalah asosiasi nirlaba independen dengan lebih dari 146 anggota individu dan organisasi yang bekerja di sektor filantropi Indonesia, termasuk yayasan keluarga dan perusahaan, lembaga akademik dan penelitian, serta organisasi masyarakat sipil berbasis lokal. Didirikan pada tahun 2007 dan saat ini dipimpin oleh susunan pengurus yang bertingkat. Filantropi Indonesia terhubung dengan baik di semua tingkat pelaku pembangunan termasuk pemerintah, bisnis, media, dan organisasi akar rumput. Kami juga merupakan bagian dari jaringan filantropi global untuk pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs), yang disebut SDG Philanthropy Platform sejak tahun 2015. Sejak awal, Perhimpunan Filantropi Indonesia telah berperan sebagai jembatan, fasilitator, dan pemandu bagi semua pelaku filantropi dalam perkembangannya. Kami bangga dengan anggota kami dan pekerjaan mereka, jaringan kami yang diperluas baik secara lokal maupun global, serta mitra kami dalam memajukan misi kami. Perhimpunan Filantropi Indonesia saat ini sedang mengalami masa transisi dengan target dan tujuan baru yang menarik untuk memperkuat ekosistem filantropi di Indonesia. Kami bertujuan untuk menciptakan perubahan melalui program-program yang inovatif dan berdampak.

Kami sedang membutuhkan seorang Manajer Keuangan & Akunting yang kompeten dan berpengalaman untuk segera bergabung dengan tim kami.

URAIAN TUGAS

Gambaran Umum

Manajer Keuangan & Akunting mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mengelola sumber daya keuangan organisasi; termasuk menciptakan rencana keuangan dan anggaran, menganalisis data keuangan, membuat laporan keuangan, menjaga sistem dan pengendalian keuangan untuk memastikan efisiensi, integritas dan transparansi operasional organisasi sesuai dengan persyaratan hukum nasional dan standar akuntansi yang berlaku secara internasional.

Manajer Keuangan & Akunting juga harus memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan hukum keuangan.

Manajer Keuangan & Akunting mempunyai peran penting dalam memastikan stabilitas dan kesuksesan keuangan organisasi dengan memperbarui hal-hal terkait keuangan yang terinformasi, mengelola risiko, dan memberikan bimbingan dan dukungan keuangan ke divisi/departemen lain.

Tugas Utama

Perencanaan dan analisis keuangan

  • Mengembangkan dan melaksanakan rencana dan strategi keuangan, serta menganalisis data keuangan untuk mengidentifikasi tren dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan.

Anggaran dan prakiraan

  • Bersama dengan Direktur Eksekutif membuat dan mengelola anggaran organisasi dan memberikan prakiraan yang akurat dan tepat waktu mengenai pendapatan dan pengeluaran organisasi untuk membantu pemangku kepentingan membuat keputusan yang terinformasi.
  • Membantu dan mendukung Direktur Eksekutif dan divisi/departemen lain dalam penyusunan anggaran untuk proposal proyek dan anggaran tahunan.
  • Memberikan bimbingan kepada staf dan mitra dalam persiapan dan pemantauan anggaran.

Manajemen pendapatan & investasi

  • Mengelola pendapatan & investasi keuangan organisasi untuk memaksimalkan keuntungan.

Manajemen risiko

  • Bersama dengan Direktur Eksekutif mengidentifikasi dan mengelola risiko keuangan untuk meminimalkan potensi kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

Menjalankan pengelolaan keuangan

  • Memberdayakan dan membangun kapasitas organisasi untuk mengelola dana secara efektif dan efisien, memenuhi standar nasional, internasional dan standar lembaga donor.
  • Memastikan pengelolaan keuangan sehari-hari secara efisien, jelas dan transparan.
  • Menjaga kontrol yang efektif atas arus kas dan bank (memastikan bahwa uang tunai di tangan dan di bank selaras dengan catatan akuntansi).
  • Memastikan bahwa dana organisasi dikelola dengan baik dan dana yang memadai tersedia untuk memenuhi tanggung jawab organisasi.
  • Menjaga pengendalian keuangan yang akurat dan efektif atas semua transaksi yang dikeluarkan oleh organisasi sebagai bagian dari pelaksanaan proyek dan biaya terkait lainnya.
  • Mengelola dan melaksanakan audit internal organisasi termasuk proyek yang sedang dijalankan.

Kepatuhan pada regulasi

  • Memastikan bahwa organisasi mengikuti semua peraturan dan hukum keuangan yang relevan.
  • Menjaga sistem dan kontrol keuangan untuk memastikan efisiensi, integritas dan transparansi operasional organisasi sesuai dengan pedoman Perhimpunan Filantropi Indonesia, persyaratan hukum nasional dan standar akuntansi yang berlaku secara internasional.
  • Memastikan semua catatan akuntansi dan dokumentasi pendukung untuk semua transaksi keuangan dikelola secara sistematis dan dalam kondisi aman dan terjaga di bawah pengawasan organisasi.

Laporan keuangan

  • Menyusun dan menyajikan laporan keuangan kepada Direktur Eksekutif dan pemangku kepentingan, untuk memberikan wawasan tentang kinerja dan posisi keuangan organisasi.
  • Memberikan laporan keuangan bulanan jika diperlukan.
  • Menyediakan laporan keuangan Perhimpunan Filantropi Indonesia yang lengkap, akurat dan tepat waktu, termasuk laporan ke lembaga donor terkait pendanaan proyek yang dikelola Perhimpunan Filantropi Indonesia sesuai format yang dipersyaratkan.
  • Mengidentifikasi kebutuhan dan dukungan pengembangan staf dan mitra untuk meningkatkan kompetensinya dalam penyusunan laporan keuangan, laporan keuangan donor sesuai dengan persyaratan pelaporan donor.
  • Berhubungan dengan auditor eksternal, pemerintah, dan bank secara reguler.

Supervisi

  • Melakukan pengawasan/supervisi terhadap staf bawahan agar memberikan kinerja yang baik.

Kualifikasi, Pengetahuan dan Keterampilan

  • Pendidikan minimum Sarjana atau setara di bidang Ekonomi, Manajemen, Keuangan, Akuntansi atau bidang yang relevan.
  • Setidaknya 5 tahun pengalaman dengan minimum 2 tahun di tingkat manejerial.
  • Memahami tentang filantropi dan sektor nirlaba, serta memiliki kemampuan untuk secara jelas mengartikulasikan visi, misi, dan arah strategis organisasi.
  • Memiliki keterampilan strategis dan analitis.
  • Memiliki kemahiran numerik.
  • Memiliki keterampilan komunikasi yang baik.
  • Memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen tim yang kuat.
  • Memiliki pemahaman Nilai Waktu dari Uang (Understanding of Time Value of Money)
  • Memiliki kemampuan untuk memprediksi (Ability to Forecast)
  • Memiliki kemampuan Pengambilan Keputusan Cepat (Quick Decision Making)
  • Kompetensi dalam aplikasi Microsoft termasuk Word, Power Point, Excel (tingkat mahir).
  • Mahir dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, baik menulis dan berbicara.
  • Memiliki pemahaman tentang software aplikasi akuntansi dan pengoperasiannya.

Karakteristik (Personal  Attributes)

  • Akurat, jujur, disiplin
  • Teliti dan perhatian pada detail
  • Organisator yang baik
  • Komitmen yang kuat untuk hal-hal sensitif dan rahasia
  • Dapat bekerja dibawah tekanan
  • Dapat bekerja dalam tim

Cara Melamar

Perhimpunan Filantropi Indonesia berkomitmen pada kesetaraan, keragaman, dan inklusi. Kami berusaha untuk membangun tenaga kerja yang beragam untuk mempromosikan kerja yang efektif dalam kemitraan dengan semua komunitas dan kelompok populasi. Kami menyambut beragam pelamar yang memenuhi syarat.

Mohon kirimkan surat lamaran Anda mengenai bagaimana Anda memenuhi persyaratan posisi ini dan resume/CV terbaru Anda ke hr@filantropi.or.id dengan subjek email: Manajer Keuangan & Akunting – Nama Kandidat.

Berkas paling lambat diterima pada tanggal 15 November 2023.

Iklan lowongan pekerjaan ini akan ditutup sewaktu-waktu jika sudah ada pelamar yang memenuhi syarat.